Refleksi Gempa 2012

Film dokumenter yang menggambarkan situasi di RW 16 Karanganyar pasca gempa bumi tahun 2006 silam

Sebagaimana tahun sebelumnya, kegiatan rutin tahunan berkenaan dengan peristiwa gempa bumi Jogjakarta tahun 2006 kembali direfleksikan pada tahun 2012. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 26 Mei 2012. Acaranya dikemas dalam 2 tahap, yaitu pada sore hari pkl 15.30 diadakan kumpul bareng warga bertempat di area pos kamling RW 16 dengan kegiatan makan bersama ala barak pengungsian. Ini akan merefleksikan dan mengingatkan kondisi saat peristiwa gempa 6 tahun silam, dimana sebagian besar warga terpaksa tinggal sementara di barak pengungsian dengan makanan seadanya.

Dalam acara ini hadir Bapak Arif Noor Hartanto, SIP atau yang lebih akrab disapa dengan Mas Inung, anggota DPRD Provinsi DIY. Dalam sambutannya beliau sangat senang sekali dengan perkembangan Kampung Karanganyar khususnya di RW 16 yang semakin maju.

Acara ini sangat meriah, apalagi dengan tampilnya pemenang lomba nembang jawa dalam peringatan Hari Kartini beberapa waktu yang lalu. Pemenang lomba ini yang terdiri dari ibu-ibu sepuh diminta untuk tampil menembangkan lagunya. Suasana menjadi sangat riuh karena seluruh yang hadir merasa terhibur dan pada tertawa karena aksi ibu-ibu yang mungkin sangat lucu menyanyikan lagu jawa dengan gayanya masing-masing.

Kemasan acara kedua yaitu Pengajian Refleksi Gempa yang diadakan pada malam harinya mulai pukul 20.00 WIB bertempat di gedung PPDIO di depan Balai RW 16. Dalam kesempatan tahun ini, pengurus menghadirkan Bapak H. Saijan, S.Ag (Kepala SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta) untuk memberikan pencerahan berkaitan dengan peristiwa gempa tahun 2006 yang silam. Tentu saja acara ini dimaksudkan untuk memberikan siraman rohani kepada seluruh warga agar dengan merefleksikan peristiwa gempa 6 tahun yang silam di tahun 2012 ini,  akan dapat menumbuhkan rasa syukur yang besar bila mengingat dahsyatnya gempa yang terjadi. Hal ini menggambarkan betapa kecil dan tiada berdayanya manusia sebagai makhluk bila berhadapan dengan Maha Kuasanya Allah SWT dengan sedikit guncangan yang memerlukan beberapa detik saja.

Dengan nadanya yang kocak, Pak Saijan memberikan pengajian ini sangat menarik sekali. Mulai dari awal hingga akhir, seluruh hadirin dibuat terpingkal-pingkal, namun meskipun isi materinya dibumbui dengan hal-hal yang membuat hadirin tertawa, tidak menghilangkan substansi isi materi yang “mentes”, sehingga apa yang disampaikan dapat dengan mudah diterima oleh warga.

Hadir dalam acara ini Bp. Drs. H. Mardjuki, Camat Mergangsan dan Bp. Yuniar Purwantoro, BA, Lurah Brontokusuman. Selain itu, hadir pula dari Kepolisian Sektor Mergangsan dan beberapa anggota DPRD Kota Yogyakarta, diantaranya Mas Riefki Listyanto, S.Si.

Pengajian malam refleksi gempa ini foto-fotonya ada di sini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s