SBY Lantik Sultan HB X Jadi Gubernur DIY

Sri Sultan HB X resmi dilantik sebagai Gubernur DIY. Dalam menjalankan pemerintahan, Sultan akan didampingi Sri Paku Alam IX sebagai Wakil Gubernur.

Pelantikan digelar di Gedung Agung, Jl Malioboro, Yogyakarta, Rabu (10/9/2012). Sekitar pukul 09.00 WIB, prosesi dimulai. Hadir dalam pelantikan Mensesneg Sudi Silalahi, Menko Kesra Agung Laksono, Mendagri Gamawan Fauzi, Menteri ESDM Jero Wacik, Ketua MK Mahfud MD, dan sejumlah pejabat lainnya.

Setelah seremoni sambutan, Sultan dan Paku Alam mengucapkan sumpah jabatan di bawah Alquran. Kemudian pasangan raja yang mengenakan seragam setelan jas warna putih ini menandatangani dokumen.

Di sekitar Gedung Agung, kawasan Malioboro, penjagaan sangat ketat. Para PKL di pusat kota tersebut diliburkan. Polisi menutup sejumlah akses.

Berdasarkan UU Keistimewaan, Gubernur dan Wakil Gubernur DIY tidak dipilih sebagaimana daerah lainnya, melainkan ditetapkan. Sri Sultan dan Pakualam akan memimpin Pemprov selama posisinya di keraton tidak diganti atau berhalangan tetap. Sumber: news.detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s