Rapat Anggota Tahunan Dankes Jammuska

DankesPengelola Dana Kesehatan Jama’ah Masjid dan Musholla Karanganyar (Dankes Jammuska) pada hari Ahad, 30 Desember 2012 pukul 20.00 WIB mengadakan rapat anggota tahunan sebagai bentuk pertanggung jawaban pengelolaan Dana Kesehatan yang dihimpun dari masyarakat. Rapat anggota dan pengurus ini diadakan di Masjid Al Irsyad Karanganyar. Kegiatan Dankes Jammuska telah berjalan selama 4 tahun sebagai program dari Takmir Masjid Al Irsyad Karanganyar. Di tahun ke-4 ini jumlah anggota berjumlah 306 orang yang sebagian besar adalah warga masyarakat kampung Karanganyar yang juga menjadi anggota jama’ah Masjid dan Musholla di Karanganyar.

Dalam sambutannya, Jamzuri selaku koordinator Dankes Jammuska mengatakan, selama 4 periode kegiatan, Dankes Jammuska telah menyalurkan klaim santunan kepada 70 orang anggota dengan akumulasi santunan sebesar Rp. 30.825.000,- (tiga puluh juta delapan ratus dua puluh lima ribu rupiah). Di bagian lain dalam sambutannya, Jamzuri juga menyampaikan kegiatan Dankes Jammuska sangat besar manfaatnya bagi para anggota, terutama anggota yang sedang ditimpa musibah sakit. Manfaat langsung yang diperoleh apabila ada anggota yang sakit dan harus dirawat di rumah sakit adalah anggota tersebut memperoleh santunan biaya perawatan sesuai dengan ketentuan keanggotaan Dankes Jammuska. Menjadi anggota Dankes Jammuska dan bersodaqoh secara rutin setiap bulan dapat menumbuhkan kesadaran saling tolong menolong antar sesama sekaligus mendatangkan manfaat dengan memperoleh santunan biaya perawatan di rumah sakit.

Konsep dasar kegiatan Dankes Jammuska ini tidak dimaksudkan untuk semata-mata memperoleh santunan apabila ada anggota yang sakit seperti yang pernah disampaikan Prof. Dr. H. Achmad Mursyidi, M.Sc., Apt., selaku inisiator program. Akan tetapi kegiatan ini lebih diarahkan untuk menumbuhkan kesadaran saling tolong menolong. Dengan bersodaqoh atau berinfaq, selain menolong sesama anggota yang terpaksa harus mondok di rumah sakit juga mengandung falsafah agar sodaqoh atau infaq yang diberikan dapat menghindarkan diri dari sakit.

Laporan keuangan yang disampaikan oleh pengelola sebagai laporan akhir kegiatan di tahun 2012 seperti yang tersaji di bawah ini:

A. Sebaran Infaq/Sodaqoh Anggota Berdasarkan Nominal

Besar Iuran Jumlah Anggota Prosentase
Rp2.000,00 174 57
Rp3.000,00 22 7
Rp4.000,00 65 21
Rp5.000,00 12 4
Rp6.000,00 33 11

B. Infaq/Sodaqoh Anggota & Biaya Klaim Santunan

KETERANGAN JUMLAH
Jumlah Sodaqoh tahun 2012 Rp10.157.000,00
Biaya Klaim santunan tahun 2012 (19 orang) Rp8.850.000,00
Saldo Rp1.307.000,00

C. Biaya Kegiatan dan Pengobatan Rutin Bulanan

KETERANGAN JUMLAH
Biaya Pengobatan 8 kali (268 anggota) Rp5.444.000,00
Biaya administrasi & rapat pengurus Rp168.000,00
Jumlah Biaya Rp5.612.000,00

Kegiatan rutin pengobatan yang diadakan sebulan sekali anggarannya dibiayai oleh para donatur.

Pengelola Dankes Jammuska mengucapkan banyak terima kasih kepada semua fihak yang telah memberikan dukungannya, terutama para donatur yang secara suka rela memberikan dukungan secara penuh baik moril maupun materi dalam kegiatan Dankes Jammuska sehingga program-program yang telah direncanakan dapat dilaksanakan dan manfaatnya betul-betul dapat dirasakan oleh Jama’ah Masjid dan Musholla di Karanganyar. Semoga amal baik dan sodaqoh yang diberikan akan memperoleh ganti pahala yang jauh lebih banyak dan berlipatganda dari Allah SWT. Amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s