Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda)

JamkesdaSesuai dengan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 57 Tahun 2012, Jamkesda kini lebih banyak yang dapat memanfaatkannya. Jamkesda Kota Yogyakarta yang pada awalnya hanya melayani penduduk miskin pemegang KMS, kini  dapat melayani keanggotaan dari pengurus RT/RW, tenaga bantu (naban), tenaga teknis dari SKPD, LPMK, Kader PKK, Pekerja Sosial Masyarakat, para Difabel serta penduduk kota Yogyakarta yang belum memiliki jaminan kesehatan apapun dan tidak mempunyai kemampuan membayar di rumah sakit. Penduduk Kota Yogyakarta yang belum memiliki jaminan kesehatan dapat membawa identitas Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga untuk dapat memperoleh layanan Jamkesda.

Jamkesda Kota Yogyakarta  dilayani di 18 Puskesmas yang tersebar di Kota Yogyakarta maupun Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta yang bekerjasama dengan Jamkesda Kota Yogyakarta. Jenis pelayanan yang dapat diakses meliputi rawat jalan dan rawat inap. Rawat jalan di Puskesmas pembiayaannya dijamin 100 persen. Sedangkan rawat jalan di rumah sakit  nilai jaminannya hingga Rp. 150 ribu per rawat jalan.  Jika pasien memerlukan penunjang medis lain seperti pemeriksaaan laboratorium, maka UPT rumah sakit memintakan persetujuan ke UPT-PJKD. Selama indikasi medis tetap akan dibantu melalui mekanisme Jamkesda. Sedangkan untuk rawat inap, mekanismenya harus ada pengantar dari Jamkesda dan perawatannya di kelas III rumah sakit yang dibuktikan dengan billing (tagihan) kelas  III dari rumah sakit rujukan.

Pembiayaan pasien rawat inap harus memenuhi mekanisme yang tertuang dalam Peraturan Walikota tersebut dimana ada cost sharing dari pasien karena ada pola tarif yang tertuang dalam Peraturan Walikota itu dihitung dengan referensi Rumah Sakit Yogya. Adanya cost sharing diakibatkan adanya perbedaan harga obat pasien dan obat generik. Oleh karena itu bagi penduduk yang memanfaatkan layanan Jamkesda jangan sungkan untuk minta obat generik.

Daftar Puskesmas dan Rumah Sakit yang melayani Jamkesda Kota Yogyakarta:

  1. Puskesmas di Kota Yogyakarta
  2. RSUP Sardjito
  3. RSU Panti Rapih
  4. RSU Bethesda
  5. RSU Bethesda Lempuyangwangi
  6. RSU Happyland Medical Center
  7. RSK Bedah Sudirman
  8. RSU Ludirahusada Tama
  9. RSUD Wirosaban
  10. RSU Patmasuri
  11. RSK Bedah Ring Road Selatan
  12. RSU Queen Lativa
  13. RSK Permata Bunda
  14. RSKIA PKU Kotagede
  15. RSU PKU Muhammadiyah
  16. RSKIA Sakina Idaman
  17. RSK Jiwa Puri Nirmala
  18. RS Ghrasia
  19. RSJ Dr. Soeroyo Magelang
  20. RSI Hidayatullah
  21. RSK Anak 45
  22. PMI Golden DIY
  23. PMI Cabang Kota Yogyakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s