Penilaian PHBS RW 16 Meraih Juara Kategori Kreatif

Gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dinilai oleh Tim Juri dalam kurun waktu hampir 5 bulan mulai Oktober 2012 hingga Februari 2013 akhirnya telah usai dengan diumumkannya para pemenang lomba. Pengumuman pemenang lomba Gerakan PHBS diselenggarakan pada hari Jum’at, 15 Februari 2013 dalam acara Apresiasi Program PHBS Kota Yogyakarta bertempat di pendopo Rumah Dinas Walikota Yogyakarta pada pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Kegiatan Gerakan PHBS yang disosialisasikan oleh Molto Ultra Anti Bakteri sebagai sponsor utama bersama sponsor lain seperti Persada, RBTV, Radio Sonora, Kedaulatan Rakyat Group, membawa misi untuk membudayakan masyarakat berperilaku hidup bersih dan sehat. Penilaian Gerakan PHBS ini melibatkan 100 RW se-Kota Yogyakarta. Dari 100 RW kemudian diseleksi sebanyak 30 RW yang masuk nominasi untuk meraih kategori terbaik. Setelah dilakukan penilaian dari 30 nominator, selanjutnya ditetapkan 3 nominasi terbaik, 1 nominasi kategori favorit, 1 nominasi kategori kreatif, dan 5 nominasi kategori partisipan.

Program Director Gerakan PHBS Kota Yogyakarta, Widiandayani mengungkapkan, program tersebut dilaunching pada 11 Oktober 2012. “Kami gandeng 100 kelompok tiap RW sebagai kader PHBS. Setelah diberi pendampingan, hasilnya ada 4.340 orang atau 217 persen dari yang ditargetkan berhasil teredukasi,” paparnya di sela pemberian apresiasi Gerakan PHBS Kota Yogyakarta, Jumat (15/2).

SAM_1253 (Medium)

Dalam pengumuman pemenang yang dibacakan oleh Gareng Rakasiwi bersama Novita Angie, juri telah memutuskan para pemenangnya sbb:

Pemenang Kategori Partisipan :

  1. Kelompok A RW 06 Klitren Gondokusuman
  2. Kelompok RW 12 Prawirodirjan, Gondomanan
  3. Kelompok RW 11 Gowongan, Jetis
  4. Kelompok RW 06 Tegalrejo, Tegalrejo
  5. Kelompok RW 03 Bener, Tegalrejo

Kelima pemenang tersebut memperoleh hadiah bingkisan dari Molto Ultra

Pemenang Kategori Favorit:

  • Kelompok RW 10 Cokrodiningratan, Jetis, memperoleh hadiah piala, piagam penghargaan dan uang tunai Rp. 2.500.000,-

Pemenang Kategori Kreatif :

  • Kelompok RW 16 Brontokusuman, Mergangsan memperoleh hadiah piala, piagam penghargaan dan uang tunai Rp. 2.500.000,-

SAM_1251 (Medium)

SAM_1262 (Medium)

Untuk Kategori Terbaik dimenangkan oleh:

  1. Kelompok RW 01 Bener, Tegalrejo, memperoleh piala, piagam penghargaan dan uang tunai sebesar Rp. 7.000.000,-
  2. Kelompok A RW 02 Tegalpanggung, Danurejan, memperoleh piala, piagam penghargaan dan uang tunai sebesar Rp. 5.000.000,-
  3. Kelompok B RW 11 Bumijo, Jetis, memperoleh piala, piagam penghargaan dan uang tunai sebesar Rp. 4.000.000,-

Dalam sambutannya, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Ibu Hj. Tri Kirana Muslidatun, S.Psi menyampaikan kegembiraan beliau atas terlaksananya kegiatan Gerakan PHBS. Gerakan ini diharapkan dapat memasyarakat dan betul-betul bisa membudaya khususnya di Kota Yogyakarta. Beliau juga berharap, para kelompok bisa memberikan contoh bagi masyarakat luas. Mulai hal sepele seperti menjaga kebersihan pakaian, hingga perilaku dalam bermasyarakat. “Rumah juga harus ditata rapi. Jika dari rumah sudah tertib maka tidak akan ada lagi kampung kumuh di kota ini,” imbuhnya.

Di bagian lain beliau menyampaikan, salah satu upaya untuk mensukseskan gerakan ini adalah dengan dibentuknya Bank-bank Sampah. Diharapkan ke depannya, di Kota Yogyakarta akan terbentuk 60 Bank Sampah. Beliau juga mengatakan dari  Bank-bank sampah yang telah ada di Kota Yogyakarta, Bank Sampah yang paling baik manajemennya saat ini adalah Bank sampah yang ada di RW 16 Brontokusuman (Bank Sampah Mekar Asri – Pen) dimana seluruh kegiatan pengelolaannya tercatat dengan rapi di buku masing-masing nasabah. Hasil penjualan sampah dari tiap keluarga dapat dijadikan hasil sampingan untuk menambah bumbu dapur. Beliau mengilustrasikan nasabah di Bank Sampah RW 16 Brontokusuman ada yang memperoleh hasil dari menabung sampahnya antara 175 ribu hingga 500 ribu setiap bulan.

Dokumentasi Foto ada DISINI

One response to “Penilaian PHBS RW 16 Meraih Juara Kategori Kreatif

  1. bisa tidak saya di kasih informasi tentang contact person RW atau kampung ramah anak yang ada di yogyakarta sebagai bahan pembelajaran bagi kami yang dari kota surabaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s