Kajian Ahad Pagi 12-05-2013

Kajian Ahad Pagi di Musholla Al Muthohar Karanganyar pada tgl. 12 Mei 2013 jatuh pada Ahad Legi. Dalam kajian ini yang berkenan memberikan kajian adalah Bapak Drs. H. Mardjuki, Camat Mergangsan Kota Yogyakarta.

Sebagaimana lazimnya, kajian diawali dengan tadarus bersama dipimpin oleh Bapak Sofyan, Ketua RT 59 dengan bacaan Surah Al An’am mulai ayat 84.

SabarDalam kajiannya, Drs. H. Mardjuki menekankan segi pentingnya tugas manusia dalam kehidupan ini, yaitu hanya beribadah kepada Allah SWT. Apapun yang dilakukan oleh manusia harus didasari dengan niat beribadah menghamba kepada Allah SWT. Hal yang terpenting dalam menunaikan tugas hidup ini adalah senantiasa bersabar dan ikhlas. Apapun keadaan yang diterima oleh manusia, kesabaran dan keikhlasan menjadi kunci bagi keberhasilan hidup manusia. Mengutip hadist Rasulullah SAW, beliau menyampaikan bahwa diantara sifat sabar manusia yang perlu ditumbuhkan adalah menahan nafsu amarah. Allah memberikan simpanan pahala yang besar di sisi-Nya bagi siapa saja yang dapat menahan amarah. Meskipun seseorang berhak melampiaskan amarah, namun apabila ia mampu menahan amarahnya, maka didalam menahan amarah itu terkandung simpanan pahala yang besar di sisi Allah SWT. Beliau juga menyitir hadist nabi yang memerintahkan untuk menahan marah. Mukmin yang kuat bukanlah  yang mampu merobohkan tembok besar atau menumbangkan pohon, akan tetapi mukmin yang kuat adalah yang dapat menguasai dirinya, meskipun dalam keadaan marah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s