Sarasehan Pengelola Bank Sampah Se-DIY

SAM_2701 (Medium)

Kehadiran Bank Sampah sangat dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat. Namun demikian, masih perlu ditumbuhkan semangat di tengah-tengah masyarakat agar secara kontinyu melaksanakan kebersihan lingkungan dari rumah masing-masing dengan memilah-milah sampah agar sampah yang akan disetorkan memiliki nilai ekonomis sesuai dengan jenis sampahnya.

Kegiatan pengelolaan sampah mandiri yang telah dilakukan oleh hampir sebagian besar wilayah di DIY ternyata masih memerlukan penanganan lebih lanjut. Beberapa permasalahan yang masih harus digarap adalah ke arah mana kegiatan pengelolaan sampah melalui kegiatan Bank Sampah akan dikembangkan.

Mengingat pentingnya manfaat dari pengelolaan sampah ini, pada hari Sabtu, 14 September 2013 Pengelola Bank Sampah se-Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar pertemuan sarasehan pengelolaan Bank Sampah di Gedung PPDIO Balai RW 16 Karanganyar. Kegiatan ini diprakarsai oleh Persada DIY dan dihadir 0leh 39 Pengelola Bank Sampah dari berbagai wilayah Kota dan Kabupaten di DIY. Kegiatan ini dilaksanakan untuk saling bertukar informasi dan sharing mengenai pengelolaan Bank Sampah sekaligus mencari terobosan yang dapat menjadi pengembangan Bank Sampah yang sudah ada.

Dalam pengembangan pengelolaannya, Bank Sampah Mekar Asri RW 16 Karanganyar akan diarahkan menjadi Koperasi Serba Usaha, dimana nasabah yang menyetorkan sampahnya, selain dapat mencairkan dalam bentuk uang, mereka juga dapat menukarkan hasil tabungan sampahnya dengan sembako yang disediakan oleh Koperasi. Selain itu, kegiatan simpan pinjam juga akan menjadi pengembangan selanjutnya.

Pengembangan lain yang akan dilakukan Bank Sampah Mekar Asri adalah menggalakkan produksi kompos untuk pengembangan pemanfaatan pekarangan serta memperbanyak kerajinan daur ulang sampah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s