Kerja Bakti Pasca Erupsi Gunung Kelud

SAM_3427 (Medium)

Erupsi dan meletusnya Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur pada tgl 13 Februari 2013 membawa dampak yang sangat luas, terutama wilayah-wilayah yang terkena abu vulkanik. Hampir seluruh pulau Jawa terkena imbas abu vulkanik Gunung Kelud yang menyemburkan material dan lava hingga setinggi 17 ribu meter.

Di antara kota dan provinsi yang terkena dampak abu vulkanik Gunung Kelud Kota Yogyakarta nampaknya yang paling parah terguyur hujan abu. Seluruh jalan dan di setiap perkampungan terselimuti abu vulkanik pada malam Jum’at tgl. 13 Februari yang lalu. Ketebalan abu vulkanik antara 3 hingga 5 centimeter menyebabkan udara Kota Yogyakarta bak berselimut putih kecoklatan. Pekatnya abu vulkanik yang bertebaran di udara kota Yogyakarta membuat seluruh kota hingga ke sudut kota menjadi sangat kotor.

Untuk mengurangi dampak abu vulkanik yang sangat mengganggu aktivitas warga kota Yogyakarta, atas instruksi dari Pemerintah Kota Yogyakarta pada hari Minggu, 16 Februari 2014 dilakukan Kerja Bakti Massal yang melibatkan seluruh komponen masyarakat Kota Yogyakarta. Dengan kerja bakti massal ini diharapkan di Kota Yogyakarta abu vulkanik Gunung Kelud dapat diminimalisir sembari menunggu datangnya hujan turun.

Kegiatan kerja bakti di RW 16 Karanganyar dilaksanakan mulai pukul 06.00 WIB. Kerja bakti dikonsentrasikan di jalan kampung dan tempat umum yang masih banyak abu vulkanik. Seluruh warga secara bergotong royong dan bahu membahu membersihkan seluruh tempat yang kotor. Agar abu pekat yang menumpuk di jalan dan sekitar rumah warga dapat dengan mudah dibersihkan, dipergunakan mesin penyemprot air kapasitas cukup besar sehingga abu vulkanik yang tebal dapat larut dan dihanyutkan di parit serta sungai kecil yang melintas di wilayah RW 16. Kerja Bakti di RW 16 Karanganyar yang merupakan bagian kegiatan dari Kerja Bakti Tingkat Kota Yogyakarta ini disiarkan secara langsung oleh TV One mulai pukul 06.30 dalam menu Apa Kabar Indonesia Pagi. Tayangannya dapat disaksikan pada scene/durasi waktu ke 1.01.25 di TV One.

SAM_3422 (Medium)SAM_3423 (Medium) SAM_3426 (Medium)SAM_3401 (Medium) SAM_3407 (Medium) SAM_3418 (Medium) SAM_3404 (Medium)SAM_3470 (Medium) SAM_3457 (Medium)SAM_3411 (Medium)SAM_3471 (Medium) SAM_3425 (Medium)SAM_3409 (Medium)SAM_3458 (Medium)SAM_3427 (Medium)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s