Sosialisasi Aplikasi CELI

Aplikasi CELI

Dalam rangka kompetisi antar Mahasiswa se-Indonesia dengan gelaran Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang akan diselenggarakan di Jakarta pada pekan mendatang, beberapa mahasiswa Fakultas Teknik Industri Universitas Islam Indonesia Yogyakarta akan mempresentasikan hasil karya mereka. Alan Dwi Prasetyo, Dantik Puspita Sari dan Malichah Muhtarromah sebagai pembuat program aplikasi CELI akan mewakili Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan membawa karya mereka tersebut. Kompetisi OSN yang cukup bergengsi yang diadakan oleh Pertamina tersebut akan memperebutkan 3 peringkat terbaik nasional.

2014.10.09.juara osn uii

Sebelumnya Alan Dwi Prasetyo bersama tim telah berhasil memenangkan kompetisi Regional Tingkat DIY pada kategori Proyek Sains. Disampaikan Dr. Noor Fitri, M.Si. yang juga dosen FMIPA UII, bahwa mahasiswa UII atas nama Alan Dwi Prasetyo bersama tim sebagai Finalis DIY, selanjutnya berhak untuk mengikuti seleksi babak final tingkat Nasional yang akan digelar di Jakarta pada 22-29 November 2014 mendatang. Hal ini didasarkan pada penilaian proposal dan presentasi Proyek Sains oleh dewan juri yang berlangsung dari tanggal 3-6 Oktober 2014. Tim dari UII ini mengangkat topik CELI (Celengan Limbah) Aplikasi Pendistribuan Limbah Dengan Pemanfaatan Smartphone Dalam Upaya Mereduksi Limbah Menjadi Barang Bernilai Jual.

Berkaitan dengan aplikasi CELI yang sedang dalam proses penyempurnaan tersebut, Bank Sampah Mekar Asri RW 16 Karanganyar memperoleh kehormatan untuk menjadi obyek terapan aplikasi tersebut. Seluruh fitur aplikasi yang sudah dirancang secara standar akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan dalam manajemen Bank Sampah Mekar Asri.

IMG_4294aHal yang menarik, selain berbasis web yang dioperasionalkan secara online, aplikasi ini juga dapat dioperasionalkan pada smartphone berbasis OS android, sehingga setiap nasabah yang memiliki handphone android dapat memantau dan memonitor hasil setoran sampahnya yang telah diuangkan oleh pengelola. Bahkan dengan hadirnya teknologi ini sudah tidak diperlukan lagi buku tabungan nasabah, karena seluruh transaksi setoran sampah beserta hasil penjualannya dapat dimonitor melalui smartphone masing-masing nasabah. Setiap nasabah akan memiliki akun pribadi yang dapat dipergunakan untuk membaca setiap laporan pengelolaan sampah mereka masing-masing yang telah disetorkan dan diwujudkan dalam nominal rupiah.

Pengurus RW 16 Karanganyar dan Pengurus Bank Sampah Mekar Asri sangat menyambut baik hadirnya aplikasi ini dimana Bank Sampah Mekar Asri merupakan Bank Sampah yang pertama kali akan menerapkan aplikasi ini dalam pengelolaannya. Diskusi dan sharing untuk penyempurnaan fitur dan menu yang ada sangat seru karena dengan aplikasi ini akan sangat membantu dan mempermudah dalam sistem administrasi dan pengelolaan Bank Sampah yang selama ini dilakukan secara manual dan hanya menggunakan aplikasi Excel.

IMG_4325aHadir dalam kegiatan ini Ketua RW 16, Bapak Sarmidi, M.Pd dan Sekretaris, Bapak Iwan Setiawan yang cukup antusias dan menunjukkan rasa kegembiraannya atas hasil karya para mahasiswa tersebut. Hadir pula pengurus Bank Sampah Mekar Asri, Bapak Dalyono Wijayadi selaku Direktur dan Bapak Drs. Indradi selaku Bendahara serta Bapak Yamino dan Bapak Wintolo yang merupakan Tim Taktis Bank Sampah Mekar Asri. Nampak pula beberapa pemuda yang cukup cakap dalam penggunaan teknologi komunikasi beserta beberapa ibu yang juga cukup antusias dengan hadirnya program ini.

Harapan ke depan, aplikasi ini dapat dipergunakan secara luas oleh para pengurus dan pengelola Bank Sampah sehingga manajemen Bank Sampah akan semakin baik dan sempurna serta para nasabah dapat memetik seluruh manfaat dengan hadirnya teknologi yang sedang dikembangkan oleh para mahasiswa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s