Posyandu Tempuyung Mandiri 16

Salah satu kegiatan yang secara rutin diselenggarakan di wilayah RW 16 Karanganyar adalah kegiatan Posyandu. Kegiatan ini dilakukan secara rutin pada tanggal 12 setiap bulan. Posyandu yang bernama “Tempuyung Mandiri 16” dimotori oleh ibu-ibu PKK RW 16 dengan Tim pelaksananya yang berjumlah lebih dari 10 orang. Kegiatan yang dilakukan dalam rangka pelayanan kesehatan terbagi menjadi beberapa kategori usia, yaitu kegiatan Posyandu Balita dimana kegiatan pelayanan kepada Balita lebih diarahkan untuk memonitor tumbuh kembang anak di usia Balita. Dalam kegiatan Posyandu Balita ini juga dilaksanakan kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) yang melibatkan keluarga-keluarga yang memiliki anak usia Balita. Bina Keluarga Balita adalah kegiatan yang khusus mengelola tentang  pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur, yang dilaksanakan oleh sejumlah kader dan berada ditingkat RW (Pedoman Pembinaan Kelompok Bina Keluarga Balita Tahun 2006). Bina Keluarga Balita (BKB) adalah upaya peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu/anggota keluarga lainnya dengan anak balita.

Selain Posyandu Balita, kegiatan Posyandu Tempurung Mandiri 16 juga melayani warga yang sudah lanjut usia sehingga kegiatannya dinamakan Posyandu Lansia. Posyandu lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. Posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial.

Pelayanan yang dilakukan Posyandu Lansia di RW 16 antara lain pemeriksaan kesehatan yang meliputi monitoring tensi darah, tes kadar gula darah, asam urat dan kolesterol. Selain itu juga dilakukan berbagai penyuluhan kesehatan yang dilakukan baik dari Puskesmas Mergangsan maupun oleh dokter yang telah dijadwalkan melayani warga lanjut usia tersebut. Semoga kegiatan Posyandu ini dapat menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas kesehatan bagi warga.

Tinggalkan komentar